KONTRIBUSI MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS VIII SMP NEGERI 1 DUMAI

Rizka Dona, (2011) KONTRIBUSI MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS VIII SMP NEGERI 1 DUMAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011798.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan : (1) Besarnya kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas VIII SMPN 1 Dumai, (2) Besarnya kontribusi lingkungan belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas VIII SMPN 1 Dumai, (3) Besarnya kontribusi minat belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas VIII SMPN 1 Dumai. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Dumai, dengan jumlah populasi 136 kemudian diambil sampel 58 orang siswa. Data minat belajar dan lingkungan belajar diperoleh melalui angket model skala likert. Data yang terkumpul di analisis dengan statistik Regresi Linier sederhana dan Regresi linier Berganda menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ditemukan bahwa : (1) Terdapat kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas VIII SMPN 1 Dumai secara signifikan sebesar 21,6%%. (2) Terdapat kontribusi lingkungan belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas VIII SMPN 1 Dumai secara signifikan sebesar 22,6%. (3) Terdapat kontribusi minat belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas VIII SMPN 1 Dumai secara signifikan sebesar 34%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa minat belajar dan lingkungan belajar merupakan dua faktor yang turut menyumbang terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Dumai Tahun Pembelajaran 2010/2011. Hal ini berarti semakin baik minat belajar dan lingkungan belajar maka hasil belajar siswa pun akan cendrung semakin baik, begitu pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:05
Last Modified: 14 Jan 2016 03:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/864

Actions (login required)

View Item View Item