PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGARTIKAN SURAT PENDEK MELALUI STRATEGI KARTU SORTIR PADA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 021 AIRTIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Murni Dewita, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGARTIKAN SURAT PENDEK MELALUI STRATEGI KARTU SORTIR PADA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 021 AIRTIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201347PAI.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mengartikan surat pendek pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 021 Airtiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dalam mengartikan Surat Pendek. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui strategi kartu sortir dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengartikan surat pendek pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 021 Airtiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dalam mengartikan Surat Pendek. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 021 Airtiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar yang berjumlah 14 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi kartu sortir untuk meningkatkan hasil Belajar siswa dalam mengartikan surat pendek. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Berhasilnya penerapan strategi kartu sortir pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II dan siklus III. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas sebanyak 6 (42,9%), sedangkan pada siklus pertama meningkat menjadi 8 orang siswa atau ketuntasan telah mencapai 57,1%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 10 orang siswa atau ketuntasan telah mencapai 71,4%. Walaupun ketuntasan siswa meningkat dari sebelum tindakan ke siklus II, namun secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus III ternyata ketuntasan siwa mencapai 13 orang siswa atau dengan persentase 92,9%. Artinya hasil belajar siswa telah 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui strategi kartu sortir, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengartikan surat pendek pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 021 Airtiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dalam mengartikan Surat Pendek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Nov 2016 06:51
Last Modified: 02 Nov 2016 06:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8638

Actions (login required)

View Item View Item