PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI NKRI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPERIENSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI 025 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Nopri Yanti, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI NKRI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPERIENSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI 025 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013270PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Materi NKRI melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Eksperiensial siswa kelas V SD Negeri 025 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar,dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan hasil belajar siswa diantaranya: Banyaknya nilai siswa yang tidak tuntas dari KKM yang telah ditentukan yaitu 65. Hal ini terbukti dari 21 siswa hanya 7 orang saja yang tuntas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu : perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Adapun yang menjadi Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 025 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran Eksperiensial untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 025 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang positif. Sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata 58 berada pada interval 50 – 59 dengan kategori kurang. Sedangkan setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan penerapan Strategi Pembelajaran Eksperiensial pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata 70 berada pada interval 70 – 79 dengan kategori baik. Sedangkan tindakan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 80 berada pada interval 80 – 100 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Eksperiensial dengan baik dan benar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 025 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Kabupaten Kampar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Nov 2016 06:51
Last Modified: 02 Nov 2016 06:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8637

Actions (login required)

View Item View Item