PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRAINING WITHIN INDUSTRY DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI GLOBALISASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD N 011 SUNGAI JALAU KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Husnatul Ulfa, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRAINING WITHIN INDUSTRY DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI GLOBALISASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD N 011 SUNGAI JALAU KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013268PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan di SD N 011 Sungai Jalau Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar, terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan hasil belajar siswa di antaranya : Banyaknya nilai siswa yang tidak tuntas dari KKM yang telah ditentukan yaitu 68. Hal ini terbukti dari 18 siswa hanya 5 orang saja yang tuntas. Siswa tidak mau bertanya ketika guru memberikan kesempatan untuk bertanya tentang pelajaran yang telah dijelaskan. Ketika guru melakukan free tes sebagian siswa di kelas tidak bisa menjawab. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Apakah Penerapan Strategi Pembelajaran Training Within Industry Dalam Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 011 Sungai Jalau Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa Pendidikan Kewarganegaraan dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Training Within Industry siswa kelas IV SD N 011 Sungai Jalau Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu : perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Berdasarkan hasil penelitian sebelum dilakukan tindakan diperoleh nilai rata-rata kelas mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan 57, pada kategori kurang baik. Namun setelah dilakukan tindakan siklus I nilai hasil belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 70, berada pada kategori baik. Sedangkan tindakan pada siklus II nilai hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa juga meningkat dengan rata-rata 78, berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Social Science Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N 011 Sungai Jalau Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Nov 2016 06:49
Last Modified: 02 Nov 2016 06:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8634

Actions (login required)

View Item View Item