Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV UPT SDN 028 RIMBO PANJANG

INTANIA MAYA ISLAMI, - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV UPT SDN 028 RIMBO PANJANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Intania Maya Islami, (2025) : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV UPT SDN 028 Rimbo Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap keterampilan komunikasi siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan Posttest-Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SDN 028 Rimbo Panjang tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 115 orang. Sampel penelitian menggunakan 2 kelas, IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen unjuk kerja dan dokumentasi. Data yang diperoleh dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas dan hasilnya data berdistribusi normal dan homogen. Langkah selanjutnya dilakukan uji-t (t-test) berdasarkan analisis data diperoleh nilah thitung sebesar 5,230 dan nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% dan df = 58, sebesar 1,672, dengan demikian maka thitung>ttabel yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan komunikasi siswa antara kelas eksperiman dan kelas kontrol. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti bahwa, model pembelajaran koperatif tipe Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap keterampilan komunikasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV UPT SDN 028 Rimbo Panjang. Kata kunci : Two Stay Two Stray, Keterampilan Komunikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLailatul Munawwaroh, -2006069402lailatul.munawwaroh@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2025 05:45
Last Modified: 24 Jan 2025 05:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86335

Actions (login required)

View Item View Item