Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Upaya Guru Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Materi Pemerintahan Desa Dan Kecamatan Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Social Science Inquiri siswa Kelas IV SD Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar

Wirdatul Yusna (2013) Upaya Guru Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Materi Pemerintahan Desa Dan Kecamatan Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Social Science Inquiri siswa Kelas IV SD Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013260PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan di SDN 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar, terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan hasil belajar siswa di antaranya : Sebagian siswa tidak dapat menuntaskan materi kegiatan belajar mengajar. Sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal 68. Hanya 3 atau 5 orang siswa saja yang dapat menjawab pertanyaan guru ketika pembelajaran di kelas. Banyaknya kesalahan yang dilakukan oleh siswa ketika menjawab soal latihan yang diberikan oleh guru. Upaya untuk mengatasi masalah rendahnya hasil belajar siswa peneliti menerapkan Strategi Pembelajaran Social Science Inquiri. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana Strategi Pembelajaran Social Science Inquiri dapat Membantu Siswa Memecahkan Masalah Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Materi Pemerintahan Desa Dan Kecamatan Kelas IV SD Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Strategi Pembelajaran Social Science Inquiri dalam Membantu Siswa Memecahkan Masalah Belajar Pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV SD Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu : perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang positif. Sebelum dilakukan tindakan diperoleh nilai rata-rata kelas mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan 56, pada kategori kurang baik. Namun setelah dilakukan tindakan siklus I nilai hasil belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 68, berada pada kategori cukup. Sedangkan tindakan pada siklus II nilai hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa juga meningkat dengan rata-rata 79, berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Social Science Inquiri dengan baik dan benar dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV SD Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Nov 2016 06:36
Last Modified: 02 Nov 2016 06:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8630

Actions (login required)

View Item View Item