PENGARUH MATERI KREATIVITAS PADA ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PADANG MUTUNG

Nur Asia, (2011) PENGARUH MATERI KREATIVITAS PADA ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PADANG MUTUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011779.pdf

Download (832kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan awal di MTs N Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, ditemukan beberapa penomena mengenai kreativitas siswa antara lain: 1) Terdapat siswa yang tidak mau bertanya tentang pelajaran yang kurang dipahaminya, 2) Terdapat siswa yang tidak mau mencatat pelajaran, kalau tidak di suruh oleh gurunya, 3) Terdapat siswa yang tidak memiliki keinginan untuk mengetahui materi kreativitas, 4) Terdapat siswa tidak memiliki inisiatif untuk memahami dan mengamati materi kreativitas di lingkungan sekolah, 5) Terdapat siswa yang belum berani mengemukakan pandapatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh materi kreativitas pada ilmu pengetahuan sosial terpadu terhadap kreativitas siswa kelas VIII di MTs N Padang Mutung. Penelitian ini terdiri atas dua variabel yaitu variabel bebas (materi kreativitas) dan variabel terikat (kreativitas siswa), yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N Padang Mutung yang berjumlah 60 orang dan objeknya kreativitas siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunkan teknik komputer program SPSS versi 17.0 untuk mengetahui sejauh mana pengaruh materi kreativitas terhadap kreativitas siswa kelas VIII MTs N Padang Mutung. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, maka penulis memberikan kesimpulan akhir bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara materi kreativitas pada ilmu pengetahuan sosial terpadu terhadap kreativitas siswa kelas VIII di MTs N Padang Mutung dengan mengetahui nilai T hitung (6,229) lebih besar dari pada T tabel (2,000) pada taraf signifikan 5%, dan nilai signifikan 0,00 lebih kecil dari pada 0,001 ataupun 0,005. Adapun besar pengaruh materi kreativitas terhadap kreativitas siswa adalah sebesar 40,1 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:04
Last Modified: 14 Jan 2016 03:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/863

Actions (login required)

View Item View Item