Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF LOMPIPA (LOMPAT PINTAR PUZZLE) TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KEAKSARAAN PADA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI TK HAGSA PERAWANG

WINDU DESTI VORA, - (2025) PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF LOMPIPA (LOMPAT PINTAR PUZZLE) TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KEAKSARAAN PADA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI TK HAGSA PERAWANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)

Abstract

WINDU DESTI VORA(2024) :PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF LOMPIPA (LOMPAT PINTAR PUZZLE) TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KEAKSARAAN PADA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI TK HAGSA PERAWANG Lompat Pintar Puzzle merupakan Alat Permainan Edukatif yang dirancang untuk membantu anak dalam mengenal keaksaraan dan mengoptimalkan aspekaspek perkembangan anak usia dini. Terdapat permasalahan kemampuan mengenal keaksaraan anak yaitu ada sebagian anak yang masih belum mengenal huruf abjad serta angka di TK Hagsa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh dari Alat Permainan Edukatif LOMPIPA terhadap kemampuan mengenal keaksaraan pada anak usia 5-6 tahun. Pendekatan penelitian menggunakan eksperimen yaitu menggunakan metode kuantitatif dengan preeksperimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak didik. Objek penelitian ini adalah pengaruh Alat Permainan Edukatif LOMPIPA terhadap kemampuan mengenal keaksaraan. Populasi yang digunakan pada penelitian adalah seluruh anak di TK Hagsa dengan jumlah 30 anak, sedangkan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling yang digunakan adalah kelas B2 berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan pada tujuan serta analisis data dari penelitian ini terbukti bahwa ada kenaikan skor rata-rata kemampuan mengenal keaksaraan pada anak sebelum dan sesudah diberi treatment atau perlakuan yakni 40 menjadi 90 selanjutnya dengan melihat hasil perhitungan rumus t=test statistic nilai sig 0,000 < 0,05 yakni menunjukkan bahwa thitung = 17.516 dan ttabel = 1.771 sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran menggunakan LOMPIPA terhadap kemampuan mengenal keaksaraan pada anak usia 5-6 tahun di TK Hagsa Perawang. Kata Kunci: APE LOMPIPA, Keaksaraan, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurkamelia Mukhtar, -2003128801NurkameliaMukhtar@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jan 2025 04:27
Last Modified: 23 Jan 2025 04:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86294

Actions (login required)

View Item View Item