Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF ESTEEM

DWI AMELIA PUTRI, - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF ESTEEM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DWI AMELIA PUTRI.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)

Abstract

ABSTRAK Dwi Amelia Putri, (2024): Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Self Esteem Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar menggunakan model CPS dengan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran langsung, apakah terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki self esteem dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah, serta untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self esteem terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan design penelitian yaitu factorial design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model CPS dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung, terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang memiliki self esteem tinggi, sedang, dan rendah, serta tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran CPS dan self esteem terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self Esteem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDEPRIWANA RAHMI2006038101depriwana.rahmi@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jan 2025 05:38
Last Modified: 23 Jan 2025 05:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86277

Actions (login required)

View Item View Item