EKO RIYANTO, - (2025) PENGEMBANGAN MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI UPT SDN 042 KUALU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI EKO RIYANTO.pdf Download (9MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Eko Riyanto, (2024): Pengembangan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di UPT SDN 042 Kualu. Projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah inovasi baru dari kurikulum merdeka untuk menghasilkan Pendidikan yang lebih kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskriprikan validitas, praktikalitas dan efektivitas modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema gaya hidup berkelanjutan untuk meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian dilakukan di SDN 042 Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Penelitian ini penelitian pengembangan melalui empat tahap yaitu: pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran. Modul yang dikembangkan mencakup materi tentang pengelolaan lingkungan, khususnya pemanfaatan botol plastik sebagai langkah pendidikan berkelanjutan. Hasil analisis data sebagai berikut: (1) Hasil validasi menunjukkan bahwa modul ini valid dari aspek isi, bahasa, grafis, dan penyajian, dengan persentase kevalidan sebesar 100% memiliki validitas media yang valid dengan persentase 78%; (2) Pada uji praktikalitas modul projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dengan persentase 84,9%; (3) Dari hasil observasi kreativitas pertama tingkat kreativitas siswa 48,57%. secara umum dikategorikan tidak kreatif, pada hasil observasi kreativitas kedua tingkat kreativitas siswa meningkat menjadi 80,96% Praktikalitas modul ini dinilai oleh guru kelas IV, dengan hasil menunjukkan bahwa modul ini praktis, efektif, dan mudah digunakan dalam pembelajaran. Uji kreativitas siswa dilakukan melalui dua observasi. Kesimpulannya, modul P5 tema gaya hidup berkelanjutan efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa dan memberikan panduan praktis bagi guru dalam proses pembelajaran berbasis proyek. Kata kunci: Modul P5, Gaya Hidup Berkelanjutan, Kreativitas Siswa, Profil Pelajar Pancasila
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2025 05:28 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jan 2025 05:29 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86270 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |