SHAPNA APRIYANTI, - (2025) ANALISIS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KOLABORASI SISWA PADA PELAJARAN GEOGRAFI DI MA AL-AZKIYA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV - SHAPNA APRIYANTI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV - SHAPNA APRIYANTI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS B di MA Al-Azkiya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru geografi dan siswa kelas XI IPS B di MA Al- Azkiya dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan telah terlaksananya tahap-tahap penerapan model Problem Based Learning (PBL) di kelas XI IPS B MA Al-Azkiya. Penerapan model tersebut dapat mengatasi permasalahan yang dialami beberapa siswa dalam konteks kolaborasi yaitu kurang kontribusi bersama teman sekelas ketika diminta untuk melakukan kerja sama dalam menyelesaikan tugas, siswa kurang aktif dalam memberikan pemikiran, ide atau pendapat kepada teman sekelas, siswa tidak berpartisipasi aktif dalam mengerjakan tugas dan kurang menghormati pendapat teman saat berkomunikasi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kompetensi kolaborasi siswa meningkat dibuktikan dengan hasil observasi kompetensi kolaborasi. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kompetensi kolaborasi siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 400 Bahasa 000 Karya Umum |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2025 04:35 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jan 2025 04:36 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86251 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |