RAHMAD AMIN, - (2025) FENOMENA PENGGUNAAN MEME DALAM DAKWAHTAIMENT DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA GENERASI Z. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Rahmad Amin NIM : 12140412805 Jurusan : Manajemen Dakwah Judul : Fenomena Penggunaan Meme Dalam Dakwahtaiment Di Media Sosial Instagram Pada Generasi Z Penggunaan meme sebagai medium dakwah di Instagram tidak terlepas dari berbagai motif yang melatarbelakanginya, baik dari sisi kreator konten maupun audiensnya. Para kreator konten dakwah memiliki beragam motivasi dalam menggunakan format meme, mulai dari keinginan untuk menyebarkan ajaran Islam dengan cara yang lebih relevan bagi generasi muda, hingga upaya untuk meningkatkan engagement dan memperluas jangkauan dakwah mereka. Sementara itu, dari sisi audiens, khususnya generasi Z, terdapat berbagai motif yang mendorong mereka untuk mengonsumsi dan membagikan konten dakwah dalam format meme. Penelitian ini bertujuan untuk memahami fenomena penggunaan meme sebagai media dakwahtaiment di Instagram di kalangan Generasi Z. Dakwahtaiment yang memadukan antara dakwah dan hiburan menjadi strategi yang relevan untuk menyampaikan pesan-pesan agama kepada Generasi Z yang akrab dengan budaya internet dan media sosial. Meme dengan karakteristiknya yang lucu, mudah dibagikan dan tersebar luas, dianggap efektif untuk menarik perhatian dan menyampaikan pesan kepada generasi ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual. Data dikumpulkan melalui observasi non partisipan di Instagram, wawancara mendalam dengan informan Generasi Z yang aktif menggunakan meme dakwah, dan studi literatur. Analisis data dilakukan secara induktif dan interpretatif untuk mengungkap makna dan motif di balik fenomena ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meme dakwahtaiment di Instagram di anggap oleh Generasi Z sebagai media dakwah yang menarik, mudah dipahami dan tidak menggurui. Terdapat lima motif penggunaan meme dalam dakwahtaiment pada generasi Z diantaranya Interpersonal utility, Passing time, Information seeking, Convenience utility dan Entertainment. Kata kunci: motif, meme, dakwahtaiment, Instagram, Generasi Z
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah | ||||||||
Depositing User: | fdk - | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2025 04:41 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jan 2025 04:41 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86232 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |