Wirdawati, - (2025) Upaya Meningkatkan Pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematics, and Religion terhadap Pemahaman Literasi Sains pada Materi IPAS Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pekanbaru. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (10MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (789kB) |
Abstract
ABSTRAK Wirdawati (2025): Upaya Meningkatkan Pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematics, and Religion terhadap Pemahaman Literasi Sains pada Materi IPAS Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pekanbaru Berdasarkan hasil penelitian terhadap pemahaman literasi sains siswa, sebaiknya menggunakan model pembelajaran pendekatan STEMR. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman literasi sains antara siswa STEMR dengan konvensional di Kelas V MIN Pekanbaru (MIN 1 dan MIN 3). Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain posttest-only design with nonequivalent groups. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, uji hipotesisnya adalah: 1. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan pendekatan STEMR terhadap literasi sains siswa dapat ditarik kesimpulan bahwa analisis terhadap uji hipotesis pertama yaitu “Terdapat pemahaman literasi sains antara siswa STEMR dengan konvensional di MIN Pekanbaru” dapat diterima; 2. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan pendekatan STEMR terhadap literasi sains siswa dapat ditarik kesimpulan bahwa analisis terhadap uji hipotesis pertama yaitu “Terdapat pemahaman literasi sains antara siswa STEMR dengan konvensional di MIN 1 Pekanbaru” dapat diterima; 3. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan pendekatan STEMR terhadap literasi sains siswa dapat ditarik kesimpulan bahwa analisis terhadap uji hipotesis pertama yaitu “Terdapat pemahaman literasi sains antara siswa STEMR dengan konvensional di MIN 3 Pekanbaru” dapat diterima. Maka kesimpulannya yaitu adanya pemahaman literasi sains yang signifikan setelah penggunaan pendekatan STEMR dalam pembelajaran. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima, yang mana penelitian ini terdapat pemahaman literasi sains siswa dengan menggunakan pendekatan STEMR yang berada pada kelas eksperimen. Implikasinya bahwa pendekatan STEMR menjadi salah satu alternatif bagi pendidikan di sekolah dalam mengatasi pemahaman literasi sains siswa. Kata Kunci: Pendekatan STEMR, Literasi Sains, IPAS
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2 | ||||||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2025 03:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Jan 2025 03:53 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86201 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |