Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL TERHADAP PERILAKU PLURALIS BUDAYA SISWA MTs HUBBULWATHAN DURI

M. ZAKI ULUMUDDIN, - (2024) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL TERHADAP PERILAKU PLURALIS BUDAYA SISWA MTs HUBBULWATHAN DURI. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK M. Zaki Ulumuddin (2024) : Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Terhadap Perilaku Pluralis Budaya Siswa MTs Hubbulwathan Duri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis multikultural terhadap perilaku pluralis budaya siswa di MTs Hubbulwathan Duri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah implementasi model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis multikultural berpengaruh signifikan terhadap perilaku pluralis budaya siswa. Metode penelitian yang digunakan berbentuk kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Hubbulwathan Duri yang berjumlah 247 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah random sampling dengan jumlah sampling 153 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket (kuisioner) dan dokumentasi. Peneliti menggunakan SPSS dalam menganalisa data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pengujian terhadap hipotesis yang telah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 0,895 + 0,058X. Dari persamaan tersebut dapat disimpulkan nilai variabel Model pembelajaran PAI berbasis multikultural (X) adalah sebesar 0,058 berarti positif. Maka ketika terjadi kenaikan jumlah variabel Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis multikultural (X) sebanyak 1 kali, maka dapat diprediksikan variabel perilaku pluralis budaya (Y) akan naik sebesar 0,058 atau 5,8%. Dengan catatan nilai dari variabel lainnya memiliki nilai yang tetap. Berdasarkan hasil uji t Tabel Uji t telah dilakukan pada variabel Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis multikultural (X) diketahui bahwa p-value < level of significant dimana 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis multikultural (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel perilaku pluralis budaya (Y) secara parsial. Kata kunci: Model, Pembelajaran, Multikultural, Perilaku, Pluralis, Budaya

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorANDI MUNIARTI, -201708650andi.murniati@uin-suska.ac.id
Thesis advisorZARKASIH, -2017107201zarkasih@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:30
Last Modified: 23 Jan 2025 07:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86184

Actions (login required)

View Item View Item