M. ZAKI ULUMUDDIN, - (2024) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL TERHADAP PERILAKU PLURALIS BUDAYA SISWA MTs HUBBULWATHAN DURI. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (10MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK M. Zaki Ulumuddin (2024) : Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Terhadap Perilaku Pluralis Budaya Siswa MTs Hubbulwathan Duri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis multikultural terhadap perilaku pluralis budaya siswa di MTs Hubbulwathan Duri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah implementasi model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis multikultural berpengaruh signifikan terhadap perilaku pluralis budaya siswa. Metode penelitian yang digunakan berbentuk kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Hubbulwathan Duri yang berjumlah 247 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah random sampling dengan jumlah sampling 153 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket (kuisioner) dan dokumentasi. Peneliti menggunakan SPSS dalam menganalisa data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pengujian terhadap hipotesis yang telah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 0,895 + 0,058X. Dari persamaan tersebut dapat disimpulkan nilai variabel Model pembelajaran PAI berbasis multikultural (X) adalah sebesar 0,058 berarti positif. Maka ketika terjadi kenaikan jumlah variabel Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis multikultural (X) sebanyak 1 kali, maka dapat diprediksikan variabel perilaku pluralis budaya (Y) akan naik sebesar 0,058 atau 5,8%. Dengan catatan nilai dari variabel lainnya memiliki nilai yang tetap. Berdasarkan hasil uji t Tabel Uji t telah dilakukan pada variabel Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis multikultural (X) diketahui bahwa p-value < level of significant dimana 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis multikultural (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel perilaku pluralis budaya (Y) secara parsial. Kata kunci: Model, Pembelajaran, Multikultural, Perilaku, Pluralis, Budaya
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:30 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Jan 2025 07:08 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86184 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |