Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER SISWA KELAS IX DI MTs HUBBULWATHAN DURI

M. ANSHARI, - (2024) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER SISWA KELAS IX DI MTs HUBBULWATHAN DURI. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK M. ANSHARI (2024) : Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Siswa Kelas IX di MTs Hubbulwathan Duri Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak dalam internalisasi nilai-nilai karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas strategistrategi yang diterapkan oleh guru Akidah Akhlak dalam membantu siswa kelas IX di MTs Hubbulwathan Duri, dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah strategi yang digunakan oleh guru Akidah Akhlak dalam proses internalisasi nilai-nilai karakter pada siswa kelas IX di MTs Hubbulwathan Duri. Informan atau partisipan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru akidah akhlak, siswa, dan wali siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Strategi yang diterapkan oleh guru aqidah akhlak dalam proses internalisasi nilai-nilai karakter siswa kelas IX di MTs Hubbulwathan Duri mencakup beberapa pendekatan. Pertama, guru memberikan nasihat dan motivasi kepada siswa, memotivasi mereka untuk mengembangkan karakter yang baik. Kedua, guru memberikan teladan atau keteladanan agar siswa dapat mencontoh perilaku yang diharapkan. Ketiga, penyampaian pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah untuk menyampaikan nilai-nilai secara jelas kepada siswa. Keempat, guru memberikan penugasan kepada siswa untuk menguatkan pemahaman mereka terhadap nilai-nilai tersebut. Terakhir, guru memberikan hukuman yang bersifat mendidik kepada siswa yang melanggar aturan atau tata tertib sekolah, sehingga siswa dapat belajar dari kesalahannya dan memperbaiki perilaku mereka ke depannya. Dengan kombinasi strategi ini, diharapkan siswa dapat menginternalisasi nilai-nilai karakter dengan lebih baik dan menjadi pribadi yang lebih baik pula. Kata Kunci: Strategi, Guru, Akidah, Akhlak, Internalisasi, Nilai, Karakter, Siswa

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZAITUN, -2010057201zaitun@uin-suska.ac.id
Thesis advisorMIRAWATI, -2004047401mirawati.mgz@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:26
Last Modified: 23 Jan 2025 07:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86181

Actions (login required)

View Item View Item