Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS III MI AMAL IKHLAS PEKANBARU

SYACHRIZKA ELING KURNIA, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS III MI AMAL IKHLAS PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran IPA melalui .Penerapan model kooperatif think pair share untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pembelajaran IPA dikelas III MI Amal Ikhlas Pekanbaru Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sabjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 18 orang siswa kela Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif think pair share dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share dapat meningkatkan kemampun berpikir kritis siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan diperoleh nilai kemampuan berpikir kritis siswa ratarata mencapai 58,61. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 65,83. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 75,65 dengan kategori kritis. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif think pair share untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dikelas III MI Amal Ikhlas Pekanbaru. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusiba, -12434343523susiba@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2025 01:43
Last Modified: 24 Jan 2025 01:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86171

Actions (login required)

View Item View Item