Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) dalam Pendekatan Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Self-Efficacy Siswa di SMPN Kota Pekanbaru

Risnawati, (2012) Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) dalam Pendekatan Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Self-Efficacy Siswa di SMPN Kota Pekanbaru. In: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012 : Peranan Matematika Sebagai Ilmu Pengetahuan Dasar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Nasional, 31 Oktober 2012, Padang.

[img]
Preview
Text
Makalah andalas PBI.pdf

Download (811kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pencapaian pemahaman konsep (PK) dan self-efficacy terhadap matematika siswa yang memiliki IQ tinggi, IQ sedang dan IQ rendah yang mendapatkan model PBI dalam pendekatan ATI dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Selain itu, diungkap pula interaksi antara model pembelajaran dengan IQ dalam mempengaruhi PK dan self-efficacy siswa terhadap matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN Kota Pekanbaru dengan level rendah yang berjumlah 31 sekolah. Dari 31 sekolah dipilih satu sekolah sebagai subjek penelitian dengan 3 kelas kontrol dan 3 kelas eksperimen sebagai sampel. Selanjutnya dilakukan tes IQ untuk menentukan IQ tinggi, IQ sedang dan IQ rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari instrumen pelaksanaan penelitian dan instrumen pengumpulan data. Instrumen pengumpulan adalah tes IQ, PK, dan skala psikologik selfefficacy model skala likert, sedangkan instrumen pelaksanaan penelitian yaitu RPP, Modul, dan LKS. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif yang digunakan adalah Anava dua jalur. Sedangkan analisis kualitatif digunakan untuk menelaah kesulitan yang ditemui siswa dalam memahami konsep, dan self-efficacy terhadap matematika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa IQ tinggi, sedang dan rendah. 2) Terdapat Perbedaan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan model PBI dalam Pendekatan ATI dan konvensional. 3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan IQ siswa dalam mempengaruhi pemahaman konsep. 4) Terdapat perbedaan self-efficacy siswa IQ tinggi, sedang dan rendah. 5) Terdapat perbedaan self-efficacy siswa yang diajar dengan model PBI dalam pendekatan ATI dan konvensional pada IQ rendah, sedangkan pada siswa IQ tinggi dan sedang tidak terdapat perbedaan. 6) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan IQ siswa dalam mempengaruhi kemampuan self-efficacy. Kata Kunci: Problem Based Instruction, Aptitude Treatment and Interaction, Pemahaman Konsep, dan Self-efficacy

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 01 Nov 2016 03:38
Last Modified: 01 Nov 2016 03:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8615

Actions (login required)

View Item View Item