Syafni Yanti Uyub (2011) PENGARUH PEMBERLAKUAN POINT PELANGGARAN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DALAM BELAJAR DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011778.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Point pelanggaran yang dimaksud adalah point yang dikenakan kepada siswa atas pelanggaran yang dilakukan siswa terhadap tata tertib yang ditetapkan oleh sekolah. Tujuannya agar siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru menjadi disiplin dalam belajar, sehingga kegiatan belajar mengajar disekolah dapat terlaksana dengan baik. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu: Pemberlakuan point pelanggaran (variabel independent/bebas atau variabel X) terhadap kedisiplinan siswa dalam belajar (variabel dependent/terikat atau variabel Y). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pemberlakuan point pelanggaran terhadap kedisiplinan siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Sedangkan rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara pemberlakuan point pelanggaran terhadap kedisiplinan siswa dalam belajar di Madrasah Tsanawiyah Muhammadyah 02 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh pemberlakuan point pelanggaran terhadap kedisiplinan siswa dalam belajar. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru yang berjumlah 65 orang siswa. Karena populasinya kurang dari 100 maka penulis tidak mengambil sampel oleh karena itu penelitian ini dinamakan penelitian populasi. Pengumpulan data diambil melalui angket,wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini korelasi yang bersifat ordinal yang diubah menjadi interval, maka data di analisis dengan menggunakan Teknik Analisa Regresi Linier dengan bantuan SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara pemberlakuan point pelanggaran terhadap kedisiplinan siswa dalam belajar yaitu sebesar 36,3%. Hal ini diketahui dengan diterimanya Ha.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 03:02 |
Last Modified: | 14 Jan 2016 03:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/861 |
Actions (login required)
View Item |