Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA SMP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERMUATAN SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

FIRDIANTI LESTARI, - (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA SMP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERMUATAN SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Firdianti Lestari, (2024) : Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA SMP Berbasis Problem Based Learning(PBL)Bermuatan Socio Scientific Issuess (SSI) Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih kurangnya bahan ajar yang menarik pada pembelajaran IPA di UPT SMP 7 Tambang. Proses pembelajaran hanya berorientasi pada buku paket dan masih jarang yang Berbasis Problem Based Learning bermuatan Socio Scientific Isuess. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk lembar kerja peserta didik (LKPD) IPA SMP Berbasis Problem Based Learning bermuatan Socio Scientific Isuess pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Research And Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp dengan tiga tahap yaitu :1) Preliminary Research; 2) Prototyping Stage; 3) Assesment Phase. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kevalidan LKPD, uji praktikalitas LKPD, dan respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas produk LKPD sudah dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi pembelajaran memperoleh nilai 83%, ahli bahan ajar memperoleh nilai 86%, dan ahli bahasa memperoleh nilai 96% dengan kategori seluruh penilaian sangat valid dengan nilai 88% dengan revisi. Tingkat praktikalitas oleh guru dinyatakan sangat praktis untuk digunakan kepada peserta didik dalam pembelajaran, dengan nilai rata-rata keseluruhan 92%, dan respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 88% dengan kategori sangat baik Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka lembar kerja peserta didik (LKPD) IPA SMP Berbasis Problem Based Learning bermuatan Socio Scientific Isuess pada materi pencemaran lingkungan dihasilkan valid, praktis digunakan dalam pembelajaran IPA. Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA SMP Berbasis Problem Based Learning (PBL), Bermuatan Socio Scientific Isuess (SSI), Pencemaran Lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMITERIANIFA2004048501miterianifa@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jan 2025 06:59
Last Modified: 21 Jan 2025 07:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86053

Actions (login required)

View Item View Item