PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COOVERATIVE TIPE SYNERGETIC TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 04 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Fadli, (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COOVERATIVE TIPE SYNERGETIC TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 04 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201314PAI.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar pada siswa kelas VII B mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ditemui gejala-gejala yang menunjukkan kurangnya motivasi belajar siswa diantaranya : Sebagian siswa kurang tanggap terhadap pelajaran Agama Islam yang disampaikan oleh guru ketika pembelajaran berlangsung, hal ini terlihat ketika dilakukan post test, siswa kebingungan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Sebagian siswa di kelas tidak bersemangat ketika mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini terlihat dari kegiatan siswa yang sibuk dengan kegiatannya masing-masing tanpa memperhatikan guru yang sedang menyampaikan materi pelajaran. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul: Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Tipe Synergetic Teaching Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah pengaruh strategi pembelajaran Cooverative tipe Synergetic Teaching terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar? Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar kelas VII B yang berjumlah 28 orang. Karena jumlah populasi sedikit maka peneliti tidak mengambil sampel dalam penelitian. Teknik yang digunakan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Cooperative Tipe Synergetic Teaching terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMPN 04 Kampar Kecamatan Kampar adalah teknik Korelasi Product Moment . Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Cooperative Tipe Synergetic Teaching ternyata berpengaruh terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 31 Oct 2016 03:15
Last Modified: 31 Oct 2016 03:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8605

Actions (login required)

View Item View Item