ANNISA SYAFIRA, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN E-MODUL SSI TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (10MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK Annisa Syafira (2024): Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan E-Modul SSI Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Materi Bumi dan Tata Surya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan argumentasi ilmiah siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan e-modul SSI terintegrasi nilai keislaman pada materi bumi dan tata surya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode true eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru sebanyak 255 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random acak (random sample) sehingga terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa yang menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan e-modul SSI terintegrasi nilai keislaman dan kelas VII C sebagai kelas kontrol sebanyak 33 siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan keterampilan argumentasi ilmiah siswa. Data test dianalisis menggunakan uji independent sample t test. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS versi 20 menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan peningkatan keterampilan argumentasi ilmiah siswa yang signifikan antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan e-modul SSI terintegrasi nilai keislaman dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model konvensional pada materi bumi dan tata surya di kelas VII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, E-Modul SSI, Keterampilan Argumentasi Ilmiah, Bumi dan Tata Surya
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2025 06:56 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jan 2025 06:57 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86045 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |