ARY ANTONY PUTRA, - (2025) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA PEKANBARU. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
Text
DISERTASI ARY ANTONY PUTRA.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ary Antony Putra (2024) : Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Pekanbaru Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) sebagai komponen pendidikan agama di Madrasah Tsanawiyah merupakan salah satu faktor yang memberi pengaruh secara signifikan terhadap karakter dan kepribadian siswa. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pendekatan pembelajaran yang dapat membantu pendidik mencapainya. Permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran SKI saat ini khususnya di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Pekanbaru adalah karena belum sepenuhnya berjalan secara optimal dan maksimal. Pembelajaran SKI dirasa sulit dan membosankan serta metode yang digunakan monoton dan memakan waktu yang relatif lama sehingga minat peserta didik terhadap pembelajaran SKI pun rendah. Keadaan tersebut tentunya berdampak pada hasil belajar peserta didik yang kurang memuaskan, sehingga perlu adanya upaya yang dilakukan guru guna menarik minat, semangat dan meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran SKI. Penelitian ini mengkaji tentang Pengembangan Model Pembelajaran SKI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Pekanbaru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Model Pembelajaran SKI di MTsN Kota Pekanbaru yang telah dilakukan selama ini. 2) Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Pekanbaru yang ideal. 3) Desain Media Video Animasi Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian dan Pengembangan (Research and Devlopment) dengan pendekatan model ADDIE. Tahapan-tahapannya meliputi: 1) Analisis (Analysis), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Develompement), 4) Implementasi (Implementation) dan 5) Evaluasi (Evaluation). Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang telah dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Pekanbaru selama ini adalah menggunakan model konvensional (ceramah). 2) Pengembangan Model yang ideal bagi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Pekanbaru adalah dengan menambahkan model pembelajaran berbasis teknologi & IT yakni media video animasi. 3) Design atau rancangan modul pembelajaran SKI dengan menggunakan video animasi yang peneliti buat terdapat beberapa tahapan yaitu: 1) Garis Besar Isi Media (GBIM). 2) Penyusunan Naskah. 3) Story Board. 4) Pengumpulan Audio dan Visual. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2025 05:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Jan 2025 05:23 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86030 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |