CENDANA PUJITA SARI, - (2024) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN GUIDED INQUIRY (GI) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MA DARUL HIKMAH KELAS X PADA MATERI STRUKTUR ATOM. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (13MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (797kB) |
Abstract
Model pembelajaran yang digunakan oleh guru disekolah masih bersifat teacher centered sehingga mempengaruhi keterampilan berpikir kritis siwa yang ditunjukkan dengan hasil belajar yang rendah. Pada penelitian ini peneliti membandingkan dua model pembelajaran sehingga diketahui mana yang baik digunakan guru dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan yang menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry (GI) pada materi struktur atom di MA Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian jenis kuasi eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Non-equivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini ialah kelas X-2 sebagai kelas eksperimen I yang menggunakan model PBL dan kelas X-4 sebagai kelas eksperimen II yang menggunakan model GI. Analisis data akhir pada penelitian ini ialah uji hipotesis dengan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan uji t menggunakan SPSS Versi 25 diperoleh bahwa nilai sig (2-tailed) = 0,009, yang artinya 0,009 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang signifikan antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran PBL dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran GI, yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Nilai rata-rata keseluruhan dari indikator berpikir kritis pada model PBL sebesar 73,42 dan nilai rata-rata model GI sebesar 67,01. Berdasarkan perbedaan nilai tersebut dapat dinyatakan bahwa model problem based learning lebih baik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa daripada model guided inquiry. Kata Kunci: Problem Based Learning, Guided Inquiry, Keterampilan Berpikir Kritis, Struktur Atom.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2025 04:12 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jan 2025 04:13 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86029 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |