Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SENTIMEN KOMENTAR PERPLEXITY AI DI X TENTANG PENDIDIKAN MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE

YOGA ARDIANSAH, - ANALISIS SENTIMEN KOMENTAR PERPLEXITY AI DI X TENTANG PENDIDIKAN MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 6 (3). pp. 2015-2023.

[img]
Preview
Text (Tugas Akhir)
TA - Yoga.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Chatbot dengan Artificial Intelligence semakin populer dalam kehidupan sehari-hari. Karena kemampuannya untuk menalar dan menyampaikan informasi secara ekspresif, Artificial Intelligence (AI) yang menggunakan model Natural Language Processing (NLP) dapat berkomunikasi layaknya manusia. Pengguna menganggap salah satu chatbot ciptaan Perplexity yang menggunakan AI menarik karena dapat menunjukkan sumber informasi dengan tepat. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya jumlah pengguna Perplexity, analisis sentimen digunakan untuk mengukur kebahagiaan pengguna. Analisis sentimen ini berfungsi sebagai sumber data untuk penelitian ini, membantu dalam memahami bagaimana pengguna bereaksi terhadap media sosial X (Twitter). Metode Support Vector Machines (SVM) digunakan dalam penelitian ini, di mana SVM memaksimalkan jarak (margin) antara kelompok data untuk menentukan hyperplane yang ideal. Menurut penelitian tersebut, 90,11% responden menyatakan sentimen positif, 5,30% menyatakan opini negatif, dan 4,69% menyatakan sentimen netral. Dengan menggunakan rasio 80% data pelatihan dan 20% data uji, skor f1 mencapai 96%, dengan akurasi dan presisi masing-masing sebesar 92%.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSITI MONALISA, -2014028501siti.monalisa@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 21 Jan 2025 06:33
Last Modified: 21 Jan 2025 06:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86026

Actions (login required)

View Item View Item