MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PELAKSANAAN WUDHU’ PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS II.ASEKOLAH DASAR NEGERI 007 MAYANG SARI KECAMATAN PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN

Masykuroh, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PELAKSANAAN WUDHU’ PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS II.ASEKOLAH DASAR NEGERI 007 MAYANG SARI KECAMATAN PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201308PAI.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang pelaksanaan wudhu’ pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas II.A Sekolah Dasar Negeri 007 Mayangsari Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Adapun rumusan masalah dalam peneltian ini adalah bagaimana tingkat hasil belajar siswa tentang pelaksanaan wudhu’ pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas II.A Sekolah Dasar Negeri 007 Mayangsari Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 007 Mayang Sari Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan Kelas II.A. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas II.A Sekolah Dasar Negari 007 Mayang Sari Kecamatan Pangkalan Lengsung dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang, yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes dan Observasi. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, maka dapat diketahui nilai rata rata yang diperoleh siswa dan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa. Adapun rata-rata dan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebelum dan sesudah mendapatkan tindakan adalah: (1) Nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam mendemonstrasikan wudhu’ sebelum tindakan adalah 59,55 dengan ketuntasan klasikal 41%, (2) Nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam mendemonstrasikan wudhu’ pada siklus pertama adalah 65,68 dengan ketuntasan klasikal 63%, (3) Nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam mendemonstrasikan wudhu’ pada siklus kedua adalah 72,05 dengan ketuntasan klasikal 77%, dan (4) Nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam mendemonstrasikan wudhu’ pada siklus ketiga adalah 78,86 dengan ketuntasan klasikal 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 31 Oct 2016 03:10
Last Modified: 31 Oct 2016 03:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8601

Actions (login required)

View Item View Item