MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH MELALUI METODE PEMBELAJARAN PYRAMID EXAMS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 KABUN KECAMATAN KABUN KABUPATEN ROKAN HULU

Azrida, (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH MELALUI METODE PEMBELAJARAN PYRAMID EXAMS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 KABUN KECAMATAN KABUN KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011174.pdf

Download (839kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini terlihat dari 28 orang siswa hanya sekitar 13 (45,29%) yang telah mencapai KKM yang ditetapkan, kemudian siswa terkesan sulit untuk menjawab soal ulangan, hal ini terlihat ketika dilakukan ulangan hanya sebagian siswa yang dapat menjawab soal dengan benar. Metode pembelajaran Pyramid Exams merupakan metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan atau tes, mulai menjawab pertanyaan secari individu hingga secara berpasangan atau berkelompok. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode pembelajaran Pyramid Exams dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada materi iman kepada kitab-kitab Allah siswa kelas V SDN 001 Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa masih mencapai 18 orang (64,29%) siswa yang tuntas. Sedangkan 10 orang siswa (35,71%) belum tuntas atau memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan yaitu 6,5. Artinya hasil belajar siswa pada siklus I belum 75% mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 22 orang (78,57%) siswa yang tuntas. Sedangkan 6 orang siswa (21,43%) belum tuntas atau memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan yaitu 6,5. artinya ketuntasan siswa telah 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 6,5. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan metode pembelajaran Pyramid Exams dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada materi iman kepada kitabkitab Allah siswa kelas V SDN 001 Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2015 03:41
Last Modified: 22 Dec 2015 03:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item View Item