MUSADDAD HARAHAP, - (2025) PARADIGMA BELAJAR DALAM KHAZANAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
DISERTASI MUSADDAD HARAHAP.pdf Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Masalah penelitian beranjak dari sebuah fakta bahwa saat ini jumlah peserta didik yang belajar di lembaga pendidikan Islam di Indonesia sebanyak 29.702.651 orang yang tersebar di 390.529 lembaga. Sementara saat ini juga kualitas pendidikan Indonesia masih tergolong memperihatinkan, hal ini diketahui berdasarkan laporan riset dari berbagai lembaga internasional, misalnya laporan UNESCO, OECD, dan EDI. Jika secara nasional kualitas pendidikan Indonesia kurang, itu menunjukkan kualitas pendidikan Islam juga mengalami hal yang sama. Jika kualitas pendidikan Islam rendah, itu menunjukkan bahwa ada problem yang belum tuntas dari aspek-aspek pendidikan Islam tersebut. Salah satu aspek penting dalam pendidikan Islam adalah peserta didik, khususnya terkait dengan kemampuan belajarnya. Rendahnya kualitas pendidikan Islam pasti sangat tergandung pada kualitas dan kemampuan belajar (paradigma belajar) peserta didik. Disisi lain, saat ini lembaga-lembaga pendidikan Islam di Indonesia sudah banyak yang mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar. Kebijakan kurikulum ini pasti mempengaruhi kemampuan belajar peserta didik muslim. Bila peserta didik tidak siap, maka kualitas belajar peserta didik bisa jadi akan lebih buruk. Disinilah pentingnya peserta didik memiliki paradigma belajar Islami. Adapun metode penelitian untuk menjawab kegelisahan akademik tersebut adalah dengan pendekatan library research (studi kepustakaan). Sumber data penelitian terdiri dari primer dan skunder. Sumber primer diambil dari kitab-kitab kamus mufradat Al-Qur‘an dan juga kitab, buku, dan regulasi yang terkait dengan pendidikan Islam dan Kurikulum Merdeka Belajar. Sumber skunder adalah semua referensi baik buku, jurnal, dan hasil-hasil riset yang relevan dengan penelitian ini. Adapun analisis data penelitian yang dipilih adalah content analysis yaitu suatu proses berkelanjutan untuk mengorganisir data-data penelitian sehingga dapat dipahami, dijelaskan, dan diberikan makna. Selain content analysis, analisis data juga menggunakan metode tafsir tematik (maudhu‟i) yaitu untuk memahami makna-makna belajar dalam Al-Qur'an. Adapun hasil penelitian adalah; Pertama, untuk memperbaiki pendidikan Islam maka sangat sangat tergandung pada bagaimana peserta didik memahami dan mengimplementaskan paradigma belajar yang terkandung dalam khazanah pendidikan Islam. paradigma belajar dalam khazanah pendidikan Islam harus dimulai dengan memahami istilah-istilah belajar dalam Islam, seperti ta‟allama, darasa, thalaba, qara‟a, dan uthlu. Setelah mereka akrab dengan istilah-stilah tersebut, maka berikutnya mereka harus memahami apa saja yang menjadi karakteristik belajar dalam Pendidikan Islam, prinsip-prinsip belajar dalam pendidikan Islam, keutamaan belajar dalam pendidikan Islam, metode belajar dalam pendidikan Islam. Ketika semua paradigma belajar sudah terpenuhi dalam diri peserta didik, maka dapat dipastikan mereka akan mendapatkan apresiasi yang tinggi dari Allah Swt. dan masyarakat. Kedua, mesikpun paradigma belajar Islami tidak termuat secara eksplisit dalam desain kerangka kurikulum merdeka belajar, namun kedudukan paradigma belajar Islami sangat penting bagi peserta didik muslim untuk diejawantahkan dalam semua aktivitas belajar yang dilakukan, terutama pada program-program resmi kurikulum merdeka belajar. Kata Kunci: Paradigma Belajar Islami, Pendidikan Islam, Program Merdeka Belajar, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2025 08:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Jan 2025 08:28 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85976 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |