Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI SUMBANG SARAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 011 KABUN KECAMATAN KABUN KABUPATEN ROKAN HULU

Jasmareta Sry Hidayati. B (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI SUMBANG SARAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 011 KABUN KECAMATAN KABUN KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_ 2013487PAI.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Rendahnya aktivitas belajar siswa kelas V pada pelajaran Pendidikan Agama Islam terlihat dari gejala yang ditemukan dilapangan, yaitu siswa jarang bertanya mengungkapkan kesulitan dalam belajar, siswa tidak mendengarkan penjelasan guru ketika menyampaikan materi pelajaran, siswa tidak membuat catatan atau rangkuman setelah proses pembelajaran selesai, jika diberikan tugas, siswa tidak mengerjakan dengan tepat waktu, dan siswa tidak menanggapi ketika ada siswa yang memberikan contoh di depan kelas. Dari permasalahan tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian yaitu bagaimana penerapan strategi sumbang saran dalam meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 011 Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi sumbang saran dalam meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 011 Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang yang terbagi atas 18 orang laki laki dan 11 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi sumbang saran untuk meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilalui beberapa tahap, yaitu: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Jenis data penelitian ini terdiri dari aktivitas guru selama pembelajaran dengan penerapan strategi sumbang saran diperoleh melalui lembar observasi, dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam selama proses pembelajaran dengan penerapan strategi sumbang saran diperoleh melalui lembar observasi. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Pada sebelum tindakan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam hanya mencapai rata-rata persentase 53,2%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata aktivitas belajar siswa meningkat yaitu pada siklus pertama dengan mencapai 65,0% atau aktivitas belajar siswa tergolong “Cukup Tinggi” karena 65,0% berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat dari 65,0% menjadi 80,3% atau aktivitas belajar siswa telah tergolong “Tinggi” karena 80,3% berada pada rentang 76-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa melalui strategi sumbang saran, aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 011 Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 31 Oct 2016 03:02
Last Modified: 31 Oct 2016 03:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8597

Actions (login required)

View Item View Item