Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERINTEGRASI SAINS PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KABUPATEN PELALAWAN

MARISAH, - (2024) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERINTEGRASI SAINS PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KABUPATEN PELALAWAN. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
DISERTASI MARISAH.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)

Abstract

ABSTRAK Marisah (2024): Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terintegrasi Sains Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kabupaten Pelalawan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana integrasi agama dan sains pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri kabupaten Pelalawan selama ini dan menemukan model integrasi agama dan sains pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang relevan dengan konteks Sekolah Menengah Pertama Negeri kabupaten Pelalawan. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, maka pendekatan penelitian digunakan adalah pendekatan Kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pertama, belum ditemukan adanya integrasi agama dan sains pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri kabupaten Pelalawan. Kedua, berbasis data lapangan dan analisis tehadap literatur-literatur yang relevan, peneliti menemukan satu model integrasi agama dan sains pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang relevan dengan konteks Sekolah Menengah Pertama Negeri kabupaten Pelalawan. Model yang dimaksud adalah Model Pengembangan Kurikulum Adaptif (MPKA). Dengan didesainnya model integrasi ini berdasarkan permasalahan dan kebutuhan di lapangan serta teori yang relevan, model ini dipandang mampu menjadi solusi bagi belum terlaksananya integrasi agama dan sains pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri kabupaten Pelalawan. Kata kunci: integrasi keilmuan, pendidikan agama Islam, model integrasi keilmuan, Model Pengembangan Kurikulum Adaptif.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorASMAL MAY, -2010105205asmalmay_1953@yahoo.com
Thesis advisorZAMSISWAYA, -2021017002drzamsiswaya@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 20 Jan 2025 07:41
Last Modified: 20 Jan 2025 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85937

Actions (login required)

View Item View Item