MARISAH, - (2024) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERINTEGRASI SAINS PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KABUPATEN PELALAWAN. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
DISERTASI MARISAH.pdf Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (849kB) |
Abstract
ABSTRAK Marisah (2024): Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terintegrasi Sains Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kabupaten Pelalawan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana integrasi agama dan sains pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri kabupaten Pelalawan selama ini dan menemukan model integrasi agama dan sains pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang relevan dengan konteks Sekolah Menengah Pertama Negeri kabupaten Pelalawan. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, maka pendekatan penelitian digunakan adalah pendekatan Kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pertama, belum ditemukan adanya integrasi agama dan sains pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri kabupaten Pelalawan. Kedua, berbasis data lapangan dan analisis tehadap literatur-literatur yang relevan, peneliti menemukan satu model integrasi agama dan sains pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang relevan dengan konteks Sekolah Menengah Pertama Negeri kabupaten Pelalawan. Model yang dimaksud adalah Model Pengembangan Kurikulum Adaptif (MPKA). Dengan didesainnya model integrasi ini berdasarkan permasalahan dan kebutuhan di lapangan serta teori yang relevan, model ini dipandang mampu menjadi solusi bagi belum terlaksananya integrasi agama dan sains pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri kabupaten Pelalawan. Kata kunci: integrasi keilmuan, pendidikan agama Islam, model integrasi keilmuan, Model Pengembangan Kurikulum Adaptif.
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2025 07:41 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Jan 2025 07:41 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85937 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |