PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATERI NAMA-NAMA NABI DAN RASUL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 034 BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU

Erifa, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATERI NAMA-NAMA NABI DAN RASUL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 034 BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012959.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dimana guru berperan langsung dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki atau meningkatkan mutu praktek pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian adalah untuk untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pembelajaran nama-nama Nabi dan Rasul pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 034 Bukit Raya Kota Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif team games tournament dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pembelajaran nama-nama Nabi dan Rasul pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 034 Bukit Raya Kota Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 034 Bukit Raya Kota Pekanbaru yang berjumlah 38 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa kelas V melalui model kooperatif tipe game tournament pada materi nama-nama Nabi dan Rasul Sekolah Dasar Negeri 034 Bukit Raya Kota Pekanbaru. Dalam penelitian tindakan kelas ini, data diperoleh dari nilai ulangan harian siswa sebelum tindakan, dan nilai ulangan harian siswa setelah tindakan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi pembahasan Nama Nama Nabi dan Rasul. Sedangkan untuk mengetahui tindakan yang dilakukan guru dan aktivitas siswa selama tindakan berlangsung diperoleh dari observasi (pengamatan). Setelah data diperoleh dan dianalis maka dapat diketahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa dengan materi Nama-Nama Nabi dan Rasul pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 034 Bukit Raya Kota Pekanbaru, sebelum dan sesudah tindakan adalah sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa sebelum tindakan yaitu rata-rata 48,59 dan ketuntasan klasikal 52,63%, (2) Hasil belajar siswa siklus I sesudah tindakan yaitu rata-rata 57,37, dan ketuntasan klasikal 65,79%, (3) Hasil belajar siswa siklus II sesudah tindakan yaitu rata-rata 62,11, dan ketuntasan klasikal 81,58%.dan (4) Hasil belajar siswa siklus III sesudah tindakan yaitu rata-rata 80,53, dan ketuntasan klasikal 92,11%. Dari perbandingan hasil belajar siswa di atas, maka hasil belajar siswa pada siklus III merupakan hasil belajar yang tertinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Oct 2016 09:13
Last Modified: 28 Oct 2016 09:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8593

Actions (login required)

View Item View Item