Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN SELF EFFICACY SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU QURRATAA’YUN BATUSANGKAR

MIFTAHURRAHMI, - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN SELF EFFICACY SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU QURRATAA’YUN BATUSANGKAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

MIFTAHURRAHMI(2024) : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN SELF EFFICACY SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU QURRATAA’YUN BATUSANGKAR Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Self Efficacy siswa SD IT Qurrataa‟yun Batusangkar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group, melibatkan dua kelompok. Cara menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD IT Qurrataa‟yun Batusangkar, sampel dalam penelitian ini kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas Kontrol. Teknik analisis data yang digunakana dalah teknik analisis uji N-Gain, T-test independent dan uji mancova pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan temuan-temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih efektif dibandingkan model ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan Pancasila dan Self Efficacy siswa kelas V SD IT Qurrataa‟yun Batusangkar. Model TPS memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kedua aspek tersebut, menunjukkan bahwa pendekatan ini lebih mendukung pembelajaran aktif dan penguatan kepercayaan diri siswa. Selain itu, terdapat interaksi yang signifikan antara kedua model pembelajaran ini terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila dan Self Efficacy siswa, yang menunjukkan bahwa pilihan model pembelajaran memiliki dampak penting terhadap perkembangan hasil belajar pendidikan Pancasila dan Self Efficacy siswa. Kata Kunci: Think Pair Share , Ekspositori, Hasil Belajar pendidikan Pancasila, Self Efficac.

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZuhairansyah Arifin, -2026097603Zuhairansyah-Arifin@uin-suska.ac.id
Thesis advisorAramudin, -2024098504Aramudin@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jan 2025 02:05
Last Modified: 20 Jan 2025 02:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85922

Actions (login required)

View Item View Item