Espandri (2012) KORELASI ANTARA AKTIVITAS IBU RUMAH TANGGA BERKARIER DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 18 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012957.pdf Download (616kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi (hubungan) antara aktivitas ibu rumah tangga berkarier dengan prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan pendekatan korelasional. Dalam penelitian ini yang dijadikan sampel sebanyak 70 siswa, yang dipilih berdasarkan teknik acak sederhana (Simple Random Sampling). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 18 Pekanbaru. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, penulis menggunakan 2 (Dua) teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Dalam mengolah data kuantitatif, penulis menggunakan teknik analisis Korelasi Product Moment yang di kemukakan oleh Pearson. Variabel data penelitian X adalah Aktivitas Ibu Rumah Tangga Berkarier, dan Y Prestasi belajar. (Variabel X) yang ditunjukkan oleh 10 indikatornya. Sedangkan (Variabel Y) yang diketahui dari nilai rapor. Berdasarkan hasil tingkat hubungan antara aktivitas ibu rumah tangga berkarier (X) dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (Y) siswa SMPN 18 yaitu sebesar: -0,891. Ini menunjukkan bahwa 79,470% prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dapat ditentukan oleh tinggi rendahnya aktivitas ibu rumah tangga berkarier. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara aktivitas ibu rumah tangga berkarier (X) dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (Y) siswa SMPN 18 Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 09:05 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 09:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8591 |
Actions (login required)
View Item |