Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EVALUASI USER EXPERIENCE PADA E-PUSKESMAS KOTA PAYAKUMBUH MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE

Furqan Anwari, - (2025) EVALUASI USER EXPERIENCE PADA E-PUSKESMAS KOTA PAYAKUMBUH MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE. JURNAL INOVTEK POLBENG - SERI INFORMATIKA, 10 (1). pp. 1-28. ISSN 2527-9866

[img]
Preview
Text
Laporan Tugas Akhir_Furqan Anwari.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Abstrak - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Indonesia bertanggung jawab untuk menyediakan layanan kesehatan primer kepada masyarakat lokal. penggunaan e-Puskesmas, sistem berbasis web yang memudahkan manajemen data dan pelayanan pasien secara elektronik. Versi terkini, e-Puskesmas Next Generation (NG), telah dirancang untuk mendukung interaksi online namun mengalami beberapa kendala teknis seperti duplikasi data medis dan ketidakakuratan dosis obat, yang dipicu oleh absennya fitur deteksi alergi. Studi ini bertujuan untuk menilai pengalaman pengguna dari e-Puskesmas menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ), yang mengukur enam dimensi: Attractiveness, Efficiency, Perspicuity, Dependability, Stimulation, dan Novelty. Hasil evaluasi yang melibatkan 21 responden mengindikasikan bahwa semua variabel mencetak skor yang mendekati nilai netral, menggambarkan bahwa penggunaan sistem tidak memberikan kepuasan atau kekecewaan yang signifikan, melainkan berada pada tingkat yang biasa saja. Penelitian ini mengkonfirmasi bahwa meskipun e-Puskesmas memiliki potensi sebagai alat bantu yang efektif, masih terdapat ruang yang besar untuk peningkatan, terutama dalam hal penyesuaian fitur dan antarmuka pengguna. Skor "buruk" pada evaluasi benchmark menunjukkan bahwa peningkatan signifikan dalam desain dan fungsionalitas sistem sangat diperlukan untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan efisiensi layanan kesehatan. Diharapkan, temuan ini dapat mendorong pengembangan lebih lanjut yang akan mengatasi kekurangan yang ada dan secara efektif meningkatkan manajemen layanan kesehatan di Puskesmas. Kata Kunci - e-Puskesmas, UEQ, User Experience, Website, Questionnaire.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorEKI SAPUTRA, -2016078301eki.saputra@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 20 Jan 2025 07:32
Last Modified: 20 Jan 2025 07:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85909

Actions (login required)

View Item View Item