Furqan Anwari, -
(2025)
EVALUASI USER EXPERIENCE PADA E-PUSKESMAS KOTA
PAYAKUMBUH MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE
QUESTIONNAIRE.
JURNAL INOVTEK POLBENG - SERI INFORMATIKA, 10 (1).
pp. 1-28.
ISSN 2527-9866
Abstract
Abstrak - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Indonesia bertanggung jawab untuk menyediakan layanan kesehatan primer kepada masyarakat lokal. penggunaan e-Puskesmas, sistem berbasis web yang memudahkan manajemen data dan pelayanan pasien secara elektronik. Versi terkini, e-Puskesmas Next Generation (NG), telah dirancang untuk mendukung interaksi online namun mengalami beberapa kendala teknis seperti duplikasi data medis dan ketidakakuratan dosis obat, yang dipicu oleh absennya fitur deteksi alergi. Studi ini bertujuan untuk menilai pengalaman pengguna dari e-Puskesmas menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ), yang mengukur enam dimensi: Attractiveness, Efficiency, Perspicuity, Dependability, Stimulation, dan Novelty. Hasil evaluasi yang melibatkan 21 responden mengindikasikan
bahwa semua variabel mencetak skor yang mendekati nilai netral, menggambarkan bahwa penggunaan sistem tidak memberikan kepuasan atau kekecewaan yang signifikan, melainkan berada pada tingkat yang biasa saja. Penelitian ini mengkonfirmasi bahwa meskipun e-Puskesmas memiliki potensi sebagai alat bantu yang efektif, masih terdapat ruang yang besar untuk peningkatan, terutama dalam hal penyesuaian fitur dan antarmuka pengguna. Skor "buruk" pada evaluasi benchmark menunjukkan bahwa peningkatan signifikan dalam desain dan fungsionalitas sistem sangat diperlukan untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan
efisiensi layanan kesehatan. Diharapkan, temuan ini dapat mendorong pengembangan lebih lanjut yang akan mengatasi kekurangan yang ada dan secara efektif meningkatkan manajemen layanan kesehatan di Puskesmas.
Kata Kunci - e-Puskesmas, UEQ, User Experience, Website, Questionnaire.
Actions (login required)
 |
View Item |