LUSYAN DYFA.H, - (2024) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (8MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
LUSYAN DYFA.H(2024) : EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR Penelitian ini di latar belakangi dengan kurangnya semangat belajar siswa dan hasil belajar kimia siswa yang belum maksimal dan juga dalam melakukan aktivitas belajar mengajar guru jarang menggunakan media pembelajaran dan saat melakukan pembelajaran guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif atau tidaknya penggunaan media pembelajaran flashcard terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem periodik unsur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang menggunakan metode penelitian quasy eksperimen yaitu PretestPosttest, Non-Equievalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X di SMA N 2 Tambang yang terdiri dari 10 kelas untuk kelas X berjumlah 356 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, dengan sampel penelitian sebanyak 72 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji t dan uji N-Gain Score. Hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai sig 0,000< 0,05 sehingga Ha dapat diterima dan Ho ditolak. Selain itu nilai N-Gain kelas eksperimen dari masing-masing siswa, yaitu terdapat sebanyak 9 siswa kategori tinggi dengan persentase 25%, 25 siswa dalam kategori sedang dengan persentase 69,44% dan 2 siswa dalam kategori rendah dengan persentase 5,56%. Selain itu nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen adalah 58,6732 termasuk kedalam kategori cukup efektif. Kesimpulannya adalah penggunaan media flashcard cukup efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem periodik unsur. Kata Kunci : Efektivitas, Media Flashcard, Hasil Belajar, Sistem Periodik Unsur
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2025 07:17 | ||||||||
Last Modified: | 20 Jan 2025 07:17 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |