PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU

Supriyanto, (2012) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012950.pdf

Download (742kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kepribadian guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Pekanbaru tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Pekanbaru yang yang beragama Islam dengan jumlah 199 siswa dari 7 kelas. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik random sampling, dimana penulis menggambil sampel 15% dari jumlah siswa perkelasnya, jadi jumlah persentase keseluruhan sampel 30 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang kepribadian guru sebagai variabel bebas (X) serta minat belajar sebagai variabel terikat (Y). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik Korelasi Product Moment. Melalui uji SPSS korelasi product moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0.473 pada taraf signifikansi 1% yaitu 0.473>0.361 (5%), >0.463 (1%). Dengan demikian maka H diterima dan H ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kepribadian guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Pekanbaru. Kontribusi persepsi siswa tentang kepribadian guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Pekanbaru adalah sebesar 22,3% selebihnya ditentukan oleh variabel lain. Dari hasil penelitian ini, diharapkan guru agama agar senantiasa berusaha menjadi guru yang baik di mata anak didiknya dan dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Oct 2016 09:02
Last Modified: 28 Oct 2016 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8590

Actions (login required)

View Item View Item