PENGARUH MINAT SISWA MENGUNJUNGI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PANGEAN KEC. PANGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Indra Jelita, (2011) PENGARUH MINAT SISWA MENGUNJUNGI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PANGEAN KEC. PANGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011774.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh minat siswa mengunjungi perpustakaan sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP Negeri Pangean Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di SMP Negeri 1 Pangean Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi, sedangkan yang menjadi objeknya minat siswa mengunjungi perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar. Populasinya seluruh siswa kelas VII dan VIII yang berjumlah 180 orang, karena banyaknya jumlah populasi maka penulis mengambil sampel 25% dari jumlah populasi yaitu Kelas VII 22 siswa dan VIII 23 siswa sebanyak 45 siswa dengan menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data diambil melalui angket, dan dokumentasi. Dalam mengolah data kuantitatif, penulis mengunakan teknik analisa regresi linier dengan Metode Kuadrat Terpencil dengan menggunakan program komputer SPSS for Windows versi 16.0. Berdasarkan persentase yang dicapai dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa ada hubungan pengaruh minat siswa mengunjungi perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa dan memiliki korelasi positif yang signifikan. Tingkat pengaruh antara kedua variabel berada pada kategori sedang atau cukup (0,400 – 0,700), yaitu 0,629. Sedangkan koefisien determinasi (R square ) adalah 0,396, kontribusi tingkat pengaruh minat siswa mengunjungi perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 396%, sedangkan selebihnya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:01
Last Modified: 14 Jan 2016 03:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/859

Actions (login required)

View Item View Item