Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VIII MTS NURUL FALAH SIBIRUANG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR

Mardiana (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VIII MTS NURUL FALAH SIBIRUANG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012934.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTS Nurul Falah Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak pada materi menghindari akhlak tercela kepada sesama manusia siswa kelas VIII MTS Nurul Falah Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII tahun pelajaran 2011- 2012 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang dan guru Akidah Akhlak. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks untuk meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak pada siswa kelas VIII MTS Nurul Falah Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dapat meningkatkan hasil belajar Akdiah Akhlak pada siswa kelas VIII MTS Nurul Falah Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Ketuntasan siswa pada sebelum tindakan hanya mencapai 8 orang (53,33) siswa yang Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas melaksanakan tugasnya sebanyak 9 orang siswa atau ketuntasan siswa hanya mencapai 45,00%, sedangkan pada siklus pertama meningkat menjadi 14 orang siswa atau ketuntasan telah mencapai 70,00%. Walaupun ketuntasan siswa meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I, namun secara klasikal hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 18 orang siswa atau ketuntasan siswa telah mencapai 90,00%. Artinya hasil belajar siswa telah 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Oct 2016 08:49
Last Modified: 28 Oct 2016 08:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8586

Actions (login required)

View Item View Item