RAHMA YANTI, -
ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS
PELAYANAN SHOPEEFOOD MENGGUNAKAN METODE
E-SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS.
SISTEMASI: JURNAL SISTEM INFORMASI, 14 (1).
(Submitted)
Abstract
ShopeeFood launching pada april 2020, namun sejak pertama kali di rilis, Traffic ke layanan ShopeeFood tidak akan langsung bagus karena layanan ShopeeFood harus bersaing dengan beberapa perusahaan besar lainnya seperti GoFood dan GrabFood yang sudah banyak dikenal di masyarakat. Banyak ulasan negatif pelanggan tentang ShopeeFood menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan masih rendah tentang kinerja perusahaan. Untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen penelitian ini menggunakan metode E-Service quality dan IPA. Hasil penelitian ini menunjukan dapat diketahui dari 7 dimensi E-Servqual yang diukur rata-rata memiliki nilai kesenjangan (gap) dimana rata-rata gap bernilai negative nilai tertinggi adalah Responsiveness sebesar (-0,32) sedangkan rata-rata gap nilai terendah adalah dimensi efficiency sebesar (-0,01) yang artinya terdapat perbedaan antara harapan dan kepuasan pelanggan, sehingga dinilai kurang memuaskan bagi pengguna aplikasi Shopeefood. Hasil
pengolahan data didapatkan bahwa hasil pemetaan matriks Importance Performance Analysis (IPA ) terhadap kualitas layanan Shopeefood terdapat atribut-atribut menjadi prioritas utama yang perlu dilakukan perbaikan berdasarkan metode Importance Performance Analysis yang dapat dilihat dari
diagram kartesius Importance Performance. Atribut-atribut yang terdapat pada Kuadran I yaitu: R 11 ,RE16 , dan C19.
Actions (login required)
 |
View Item |