Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK LINGKARAN KECIL LINGKARAN BESAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI KISAH PERILAKU ABU LAHAB DAN ABU JAHAL KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 001 KOTA BARU RETEH KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Ernis (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK LINGKARAN KECIL LINGKARAN BESAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI KISAH PERILAKU ABU LAHAB DAN ABU JAHAL KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 001 KOTA BARU RETEH KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012932.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SDN 001 Kotabaru Reteh menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik lingkaran kecil lingkaran besar dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Murid Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Kisah Perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal Kelas VI SD Negeri 001 Kota Baru Reteh Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang yang terdiri dari 17 laki-laki dan 18 perempuan. Sedangkan objek penelitian dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan/persiapan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif teknik lingkaran kecil lingkaran besar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Melalui tiga siklus dapat dijelaskan motivasi belajar siswa dapat meningkat. Sebelum tindakan motivasi belajar siswa memperoleh angka persentase 38.4% pada kategori rendah. Pada siklus I memperoleh angka persentase 54.0% pada kategori sedang. Siklus II memperoleh angka persentase 66.7% pada kategori tinggi. Siklus III memperoleh angka persentase 79.4% pada kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Oct 2016 08:46
Last Modified: 28 Oct 2016 08:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8584

Actions (login required)

View Item View Item