Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDIT RAUDHATURRAHMAH PEKANBARU

ATIKA PERTIWI, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDIT RAUDHATURRAHMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)

Abstract

ABSTRAK Atika Pertiwi, (2024) : Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran think pair share yang dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas V Al-Fattah SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 26 siswa dan objeknya adalah model pembelajaran think pair sahre dan kemampuan menyimak siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 Siklus, dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi, dan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model think pair share dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan rata-rata kemampuan menyimak hanya mencapai 45,4 dan berada pada kategori kurang. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran think pair share pada siklus I rata-rata kemampuan menyimak siswa meningkat mencapai 70,3 atau berada pada kategori cukup baik. Kemudian pada siklus II rata-rata siswa meningkat kembali menjadi 82,2 atau tergolong dalam kategori baik. Besar peningkatan kemampuan menyimak siswa dari pra siklus ke siklus I adalah sebesar 25 dan besar peningkatan kemampuan menyimak siswa dari siklus I ke siklus II adalah 12. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Al-Fattah SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share, Kemampuan Menyimak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLAILATUL MUNAWWAROH, -2006069402lailatul.munawwaroh@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jan 2025 02:17
Last Modified: 20 Jan 2025 02:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85838

Actions (login required)

View Item View Item