Asiah Murni (2012) PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENGENAL SIFAT JAIZ ALLAH SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 034 TAMPAN KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012930.pdf Download (300kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah untuk penelitian ini adalah: Apakah penerapan metode Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas belajar belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Mengenal Sifat Jaiz Allah Siswa Kelas IV SDN 034 Tampan Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru? Subjek dalam penelitian ini adalah Murid kelas IV SD Negeri 034 Tampan Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah Murid sebanyak 30 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Penerapan metode Talking Stick untuk meningkatkan aktivitas belajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi mengenal sifat jaiz Allah. Murid kelas IV SD Negeri 034 Tampan Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklus dilakukan satu kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas dilakukan dengan tahapan: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Metode Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Melalui tiga siklus dapat dijelaskan bahwa aktivitas belajar siswa dapat meningkat. Sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya memperoleh nilai rata rata secara klasikal adalah 39.5%, angka ini berada pada kategori sangat rendah. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata secara klasikal adalah 54.8%, dengan kategori rendah. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa memperoleh nilai rata-rata secara klasikal adalah 68.1%, angka ini berada pada kategori tinggi dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata secara klasikal adalah 77.6, dengan kategori sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 08:43 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 08:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8583 |
Actions (login required)
View Item |