KHAIRUN NISA, - (2025) ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SAWAH BARU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
![]() |
Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (21MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Khirun Nisa, (2024): Penerapan Model Pembelajaran Probing Promting untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas III Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Baru Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan numerasi siswa pada muatan pelajaran matematika kelas III Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Baru melalui model pembelajaran probing promting. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 16 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran probing promting dan kemampuan numerasi. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa sebelum tindakan masih rendah, dimana 2 orang siswa atau 12,5% berada pada kategori sangat baik , 1 orang siswa atau 6,25% berada pada kategori baik, 2 orang siswa atau 12,5% berada pada kategori cukup, 2 orang siswa atau 12,5% berada pada kategori kurang dan 9 orang siswa atau 56,2% berada pada kategori sangat kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran Probing Promting pada siklus I, kemampuan numerasi siswa meningkat, dimana 4 orang siswa atau 25% pada kategori sangat baik, 1 orang siswa atau 6,25% pada kategori baik, 2 orang siswa atau 12,5% pada kategori cukup, 6 orang siswa atau 37,5% pada kategori kurang dan 3 orang siswa atau 18,7% pada kategori sangat kurang. Pada siklus II kemampuan numerasi siswa mengalami peningkatan kembali, dimana 4 orang siswa atau 25% pada kategori sangat baik, 8 orang siswa atau 50% pada kategori baik, dan 4 orang siswa atau 25% pada kategori kurang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Probing Promting dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas III pada muatan pelajaran matematika Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Baru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Probing Promting, Kemampuan Numerasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2025 03:11 | ||||||||
Last Modified: | 20 Jan 2025 03:13 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85824 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |