Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMPETENSI GURU DALAM MEMBANGKITKAN MOTIVASI EKSTRINSIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAPUNG HILIR

Rina Sukma (2012) KOMPETENSI GURU DALAM MEMBANGKITKAN MOTIVASI EKSTRINSIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAPUNG HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012928.pdf

Download (624kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimanakah kompetensi guru dalam membangkitkan motivasi ekstrinsik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Tapung Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 3 orang, karena populasi 3 orang guru maka penulis tidak menggunakan sampel. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 3 orang, objeknya adalah kompetensi guru dalam membangkitkan motivasi ekstrinsik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Tapung Hilir dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dianalisa dalam analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Setelah penulis sajikan dan penulis analisa, maka dapat disimpulkan bahwa : Kompetensi guru dalam membangkitkan motivasi ekstrinsik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah AtasNegeri 2 Tapung Hilir dikategorikan “Cukup”. Hal ini dapat diketahui dari persentase yang di dapat adalah 71,99%. Dengan demikian sesuai standar yang telah penulis tetapkan jika nilai berkisar antara 60-75% maka dikategorikan “Cukup”. Maka kompetensi guru dalam membangkitkan motivasi ekstrinsik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Tapung Hilir dikategorikan “Cukup”. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi guru dalam membangkitkan motivasi ekstrinsik ini adalah : Tingkat pendidikan guru, faktor sarana dan prasarana, dan faktor organisasi kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Oct 2016 08:40
Last Modified: 28 Oct 2016 08:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8582

Actions (login required)

View Item View Item