PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE DRILL DENGAN TAJWID PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 038 MARPOYAN DAMAI PEKANBARU

Hj. Ruainis, (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE DRILL DENGAN TAJWID PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 038 MARPOYAN DAMAI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012924.pdf

Download (535kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam membaca AL-Qur‘an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan tajwid siswa kelas V SD Negeri 038 Marpoyan Damai Pekanbaru. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan murid kelas V SDN 038 Marpoyan Damai Pekanbaru tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah murid sebanyak 43 orang. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah penerapan metode Drill pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Kemudian tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode Drill dapat meningkatkan kemampuan membaca AL-Qur’an siswa. Sebelum tindakan memperoleh nilai persentase 40.0 pada kategori tidak baik. Siklus I memperoleh nilai persentase 57.4% dengan kategori kurang baik. Siklus II memperoleh nilai persentase 66.4% dengan kategori cukup baik dan pada siklus III meningkat dengan memperoleh nilai persentase 85.3% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Oct 2016 08:38
Last Modified: 28 Oct 2016 08:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8580

Actions (login required)

View Item View Item