TIA ASTUTI, - (2025) IMPLEMENTASI PELAYANAN TERHADAP PENUMPANG RORO (ROLL ON-ROLL OFF) DI PELABUHAN RUPAT- DUMAI MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 17 TAHUN 2008 TENTANG PELAYARAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI TIA ASTUTI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (539kB) |
Abstract
ABSTRAK TIA ASTUTI (2024) : Implementasi Pelayanan Terhadap Penumpang Roro (Roll on-Roll Of) Di pelabuhan Rupat- Dumai Menurut Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran. Pelayanan adalah setiap kegiatan yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan, melalui pelayanan ini keinginan dan kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi. Dalam penelitian ini pelayanan yang dilakukan oleh petugas kapal roro dan dalam pengawasan dinas perhubungan provinsi Riau, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pelayanan terhadap penumpang roro (roll on-roll of) menurut undang-undang nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran. Dan untuk mengetahui kendala dalam pelayanan terhadap penumpang roro (Roll On-Roll Off) di pelabuhan Rupat-Dumai Menurut Undang- Undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis sosiologis yang mana penelitian secara langsung melakukan penelitian lapangan, dengan pendekatan evektivitas Hukum, lokasi penelitiannya yaitu berada di provinsi Riau dan pusat penelitian ini berada di pelabuhan Rupat-Dumai adapun populasi dan sampel terdiri dari 1 kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Pengelolaan Perhubungan Wilayah I Dinas Perhubungan Provinsi Riau, 1 staf PT. ASDP (Angkutan sungai, danau dan penyebrangan dan 5 orang informan. pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam pelayanan yang diberikan oleh PT. ASDP (Angkutan sungai, danau dan penyebrangan) belum efektif, hal ini dikarenakan fasilitas yang berada di pelabuhan dan kapal belum cukup baik. Banyak masyarakat pengguna kapal roro belum puas dengan pelayanan yang diberikan oleh PT. ASDP. Oleh karena itu dari dinas perhubungan provinsi Riau harus melakukan pengawasan kepada PT. ASDP dan melakukan pembenahan pelayanan dipelabuhan serta pemerintah provinsi Riau harus melakukan perbaikan fasilitas dan penambahan fasilitas. Kata Kunci: Pelayanan, Kapal Roro, UU No 18 Tahun 2008 Tentang Pelayaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum 000 Karya Umum |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum | ||||||||||||
Depositing User: | Hacked fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2025 02:10 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Jan 2025 02:14 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |