PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 LUBUK BATU JAYA KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Murtiah, (2012) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 LUBUK BATU JAYA KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012919.pdf

Download (895kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan siswa SMP Negeri 2 Lubuk Batu Jaya yang beragama Islam, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 3 orang dan siswa yang beragama Islam dari kelas VII.1, kelas VIII.1, dan kelas VIII.2 yang bejumlah 60 orang yang diambil melalui teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan teknik korelasi serial. Setelah melakukan penelitian, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Lubuk Batu Jaya. Pengujian hipotesanya sebagai berikut: di mana rch = 0,378 lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5% dan lebih besar pada taraf signifikan 1% ditulis: 0,378>0,325 (1%), 0,250 (5%) dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya semakin baik kemampuan guru dalam mengkomunikasikan materi pembelajaran, maka semakin baik pula hasil belajar yang diperoleh siswa di SMP Negeri 2 Lubuk Batu Jaya. Dan semakin kurang baik kemampuan guru dalam mengkomuniasikan materi pembelajaran, maka semakin kurang baik pula hasil belajar yang diperoleh siswa di SMP Negeri 2 Lubuk Batu Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Oct 2016 08:35
Last Modified: 28 Oct 2016 08:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8579

Actions (login required)

View Item View Item