HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN STRATEGI KONTEKSTUAL (CTL) DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DAR EL HIKMAH PEKANABARU

Yulia Wirningsih, (2012) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN STRATEGI KONTEKSTUAL (CTL) DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DAR EL HIKMAH PEKANABARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012912 .pdf

Download (836kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan dimulai pada bulan April sampai dengan bulan Mei 2012. Penelitian dilaksanakan di SMK Dar El Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X TISMKDar El Hikmah Pekanbaru dan objek yang diteliti adalah hubungan persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam menggunakan strategi kontekstual dengan hasil belajar siswa. Populasipenelitianiniadalahseluruhsiswa kelas X TIdi SMKDar El HikmahPekanbaru yang berjumlah 40 orang siswa.Dalam penelitian ini penulis mengadakan ujicobavaliditasdanreliabilitas instrument (angket) penelitiansebanyak20 orang siswakelas XI TI di SMK Dar El HikmahPekanbaru. Untukmengumpulkan data persepsi siswa tentang kreativitas guru dalammenggunakanstrategikontekstual(variabel X) penulismenggunakantekhnikpengumpulan data berupaangket, sedangkanhasilbelajar siswa (variabel Y) penulismenggunakantekhikpengumpulan data berupadokumentasi. Data yang dikumpulkandianalisisdenganteknikregresi linier denganmetodekuadratterkecildanproduct moment.Untukmenganalisanyapenulismenggunakanbantuanprogram SPSS versi 16.0. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam menggunakan strategi kontekstual di SMK Dar El Hikmah Pekanbaru sebagian besar tergolong sedang yakni sebesar 80%, hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X TI di SMK Dar El Hikmah Pekanbaru sebagian besar tergolong sedang yakni sebesar 45% dan korelasi antara persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam menggunakan strategi kontekstualdenganhasil belajar siswa sebesar 0.630 dengan signifikansi 0,304< 0,630 > 0,393. Artinyaterdapathubunganantarapersepsi siswa tentang kreativitas guru dalammenggunakanstrategikontekstualdenganhasilbelajarpadamatapelajaran PAI siswakelas X TI di SMK Dar El HikmahPekanbaru.AnalisisinimenunjukanbahwaHaditerima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Oct 2016 08:34
Last Modified: 28 Oct 2016 08:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8578

Actions (login required)

View Item View Item