PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI FONDATIONS INTAKE INFORMATION REAL MEANING EXPRESS YOUR KNOWLADGE USE AVAILABLE RESOURCES PLAN OF ACTION (FIRE-UP) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

Titin Sumirah, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI FONDATIONS INTAKE INFORMATION REAL MEANING EXPRESS YOUR KNOWLADGE USE AVAILABLE RESOURCES PLAN OF ACTION (FIRE-UP) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012902.pdf

Download (644kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi FIRE-UP dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kemudian untuk mengetahui berapa besar pengaruh siswa yang belajar menggunakan strategi FIRE-UP dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada Pengaruh Penggunaan Strategi FIRE-UP dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru? Berapa besar pengaruh Penggunaan Strategi FIRE-UP dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru?” Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru yang berjumlah 76 orang, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII 3 dan VII 5 yang telah diuji homogenitasnya menggunakan uji Bartlett. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan Strategi FIRE-UP dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Liliefors untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan Strategi FIRE-UP dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam hasil belajar siswa yang menggunakan Strategi FIRE-UP dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan besar pengaruhnya adalah 19%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Oct 2016 08:23
Last Modified: 28 Oct 2016 08:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8577

Actions (login required)

View Item View Item