Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KISAH NABI AYUB PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE SOSIO-DRAMA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 KERUMUTAN KABUPATEN PELALAWAN

Mujiyono (2012) PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KISAH NABI AYUB PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE SOSIO-DRAMA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 KERUMUTAN KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012901.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “apakah penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tentang Kisah Nabi Ayub di Kelas V SDN 003 Kerumutan Kabupaten Pelalawan. Penelitian tidakan kelas ini didilaksanakan dari bulan Juli sampai Oktober Tahun 2011. Implementasi tindakan dilakukan dalam tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN 003 Kerumutan Kabupaten Pelalawan yang berjumlah 11 orang, sedangkan yang menjadi objek adalah meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode sosiodrama. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Cara yang paling efektif adalah dalam menggunakan observasi adalah melengkapinya dengan blangko pengamatan sebagai instrumen, sedangkan dokumentasi merupakan teknik yang digunakan peneliti untuk mengetahui tentang keadaan umum lokasi penelitian, keadaan guru, dan keadaan siswa. Setelah data diperoleh dan dianalis maka dapat diketahui pemahaman siswa tentang kisah nabi Ayub pada mata pelalajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode sosiodrama siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Kerumutan, sebelum dan sesudah tindakan adalah sebagai berikut: (1)Sebelum dilakukan tindakan persentase pemahaman siswa yaitu 43,64%, dengan kategori kurang tinggi (2) Setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama perolehan persentase pemahaman siswa meningkat yaitu 59,09%dengan kategori cukup tinggi, (3) Pada siklus kedua persentase pemahaman siswa yaitu 79,09, dengan kategori tinggi, dan (4) Pada siklus ketiga persentase pemahaman siswa yaitu 96,36%, dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Oct 2016 08:20
Last Modified: 28 Oct 2016 08:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8576

Actions (login required)

View Item View Item