Yarnida (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENELADANI PERILAKU NABI ISA AS MELALUI METODE RECIPROCAL TEACHING SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 010 PESISIR KECAMATAN LIMA PULUH KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012899.pdf Download (394kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: 1) Hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, hal ini terlihat dari nilai rapor khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, lebih dari 60% dari seluruh siswa yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70 yang ditetapkan. 2) Siswa terkesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas, hal ini terlihat bahwa lebih dari 65% siswa jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya. 3) Dari tugas atau PR yang diberikan guru, hanya 10% hingga 38% yang dapat mengerjakan PR dengan benar dan sisanya masih banyak terdapat kesalahan. 4) Kurangnya keinginan siswa dalam menjawab pertanyaan guru, ataupun mengajukan pertanyaan ketika pembelajaran di kelas. Berdasarkan latar belakang masalah, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu Apakah melalui Pendekatan Reciprocal Teaching dapat meningkatkan Hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi Meneladani Perilaku Nabi Isa AS siswa kelas V SDN 010 Pesisir Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru?. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2010- 2011. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 010 Pesisir Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru. Kemudian tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN 010 Pesisir Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru. Pada sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa tergolong kurang baik dengan rata-rata 49.2%, terjadi peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 65.6% tergolong cukup baik. Siklus II hasil belajar siswa tergolong baik dengan rata-rata 74.7%. Sedangkan pada siklus III hasil belajar siswa tergolong baik dengan rata-rata 80.7%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 07:51 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 07:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8574 |
Actions (login required)
View Item |